Pages

Minggu, 25 April 2010

MEMANFAATKAN BLUETOOTH UNTUK PRESENTASI

Bagi Bapak atau Ibu guru yang sering memanfaatkan Laptop dan LCD projector untuk mengajar atau presentasi mungkin pernah punya pengalaman misalnya memerlukan bantuan orang lain sebagai asrot (:asisten sorot) atau harus dekat-dekat laptop untuk mengoperasikannya. Jika memang tujuan kita agar bisa menyatu dengan siswa atau audience, maka hal-hal di atas bisa jadi menghalangi gerak kita. Tentu kurang praktis kan?

Untuk mengatasi masalah di atas, kita bisa memanfaatkan HP sebagai remote kontrol. Jika kita mempunyai HP yang sudah ada fasilitas bluetoothnya, maka HP kita bisa digunakan sebagai remote. Pun demikian dengan laptop kita.
Kebetulan karena laptop yang saya gunakan belum terdapat fasilitas bluetooth, maka saya menambahkan bluetooth adapter di laptop. Setelah kita install, baru kita bisa memulai pekerjaan kita. Sebagai remote saya menggunakan HP SE K320i (harganya terjangkau koq untuk guru seperti kita, hehe...).
Nah, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Klik bluesoleil yang ada di laptop.

2. Klik pada gambar bulatan seperti matahari yang ada di tengah.

3. Setelah ketemu alat yang ingin dishare (HP) maka klik 2 kali pada gambar HP.

4. Selanjutnya kita pilih (klik) human interdevice (gambar mouse), kemudian akan muncul tulisan "jalankan kontrol jarak jauh?" pada HP, lalu kita pilih OK (Ya) pada HP.


5. Di HP ada 3 pilihan fungsi remote (presenter, media player, desktop), kita pilih presenter.

6. Sekarang HP kita sudah bisa digunakan sebagai remote untuk presentasi.

Mudah kan? Selamat mencoba ya...